Stories


Merawat Imajinasi di Ruang Publik: Mural Partisipatif untuk Mengekspresikan Aspirasi Warga dan Hak atas Kota

Kini, ekspresi visual seperti mural menjadi medium yang dapat mudah ditemui di banyak ruang publik di kota—dan merupakan salah satu alat untuk menyampaikan imajinasi dan aspirasi warga.

Read More

Di Simpang Seribu Iftar #3: Vital dan Informal

Selama Ramadan, kita dapat mengamati bahwa perilaku serta preferensi pangan warga mengalami pergeseran. Sektor informal, khususnya pedagang informal dalam konteks ini, punya kepekaan tinggi dalam menanggapi berbagai perubahan ini.

Read More

Di Simpang Seribu Iftar #2: Ruang yang Tunduk pada Semarak

Lawatan kami Ramadan lalu ke jalan-jalan di Jakarta dan Solo menunjukkan bukan hanya dinamika pangan yang berkenaan dengan langkanya stok atau fluktuasi harga, tapi juga semarak kultural yang punya andil dalam menjahit pola-pola khas di ruang kota.

Read More

Di Simpang Seribu Iftar #1: Ramadan dalam Dinamika Pangan dan Warga

Bagaimana pangan dan ruang urban berinteraksi selama Ramadan? Kota seperti apa yang akhirnya timbul dari pergeseran perilaku ini? Untuk menjawabnya, kami menjalankan sebuah riset kecil mengenai perilaku pangan di bulan Ramadan di Solo dan Jakarta.

Read More
Aktivitas jual beli makanan di pasar.

Iklim, Pangan, dan Ruang Kota

Dalam upaya mengangkat keterhubungan antara isu pangan, iklim, dan kota, tim Kota Kita saat ini melakukan riset terkait sistem pangan perkotaan secara komprehensif melalui kerangka inisiatif Think Climate Indonesia.

Read More
Load more